Earth Hour 2020: Hitung Jejak Karbon

Terima kasih telah berpartisipasi dalam aksi Earth Hour 2020: #DiRumahSaja sambil #MatikanLampu yang dirayakan pada Sabtu, 28 Maret 2020 pukul 20.30-21.30 WIB. Aksi ini bukanlah sebuah aksi simbolis serta-merta tanpa makna. Pasalnya, pemadaman dalam waktu satu jam saja sebenarnya dapat mengurangi angka jejak karbon sedemikian rupa dan memberi ruang bagi bumi untuk bernapas.

Jejak karbon adalah jumlah emisi gas rumah kaca yang diproduksi oleh individu untuk setiap kegiatan yang dilakukan. Dalam menghitung jejak karbon yang kita hasilkan, jenis kegiatan yang dilakukan serta faktor emisinya merupakan dua hal penting. Selama satu jam mematikan lampu, seluruh aktivitas pembangkit listrik akan berkurang secara drastis sehingga mengurangi konsumsi sumber daya alam tidak dapat diperbaharui seperti batubara, minyak, dan gas alam. Alhasil, dapat mengurangi tingkat polusi dan pemanasan global.

Informasi lebih lanjut mengenai hal ini dapat diakses melalui bit.ly/EH-ED2020CIMSA.

Sekarang, mari kita berhitung! Berapa kilogram (kg) karbon dioksida yang berhasil kamu selamatkan selama mematikan lampu kemarin?